Prakata

بسم الله الرحمن الرحيم

الحمد لله، والصلاة والسلام على رسول الله، وعلى اله وصحبه ومن والاه، أما بعد

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Salam sejahtera

Blog ini adalah blog kedua yang saya kelola setelah blog pertama saya alsyarwani.blogspot.com . Sejak saat ini, blog pertama tidak akan saya update lagi dan seluruh isi di dalamnya tidak lagi mewakili corak pemikiran saya, meskipun blog tersebut tetap saya biarkan aktif sebagai dokumentasi tulisan lama.

Saya membuat blog ke dua ini sebagai alternatif wahana untuk berbagi ide, pemikiran, atau sekedar informasi yang saya anggap penting untuk dibagi. Terkadang blog ini juga saya isi dengan perjalanan hidup dan pengamalan saya yang saya anggap menarik. Melalui blog ini, saya membuka lebar-lebar pintu diskusi bagi siapapun yang tertarik, tentu saja dengan menjaga etika diskusi yang baik, baik dari segi Bahasa yang digunakan, maupun aturan berlogika yang benar, serta metode kajian yang sahih untuk tema agama. Komentar yang tidak mengindahkan etika tersebut, mungkin akan saya abaikan, saya hapus, atau saya tanggapi dengan sinis. Selain itu, kebebasan berpendapat dan saling menghormati tetap menjadi prinsip utama untuk diskusi di blog ini.

Apa yang saya ungkapkan dalam blog ini, juga semua tulisan saya adalah bersifat subjektif. Dengan didasarkan pada prinsip,budaya, keyakinan, dan kekuatan nalar yang berbeda, saya percaya bahwa setiap orang memiliki pemikiran yang unik yang harus dihormati dan menghormati. Saya pribadi tidak suka dengan pemaksaan pendapat, meski saya amat tidak menyukai kontradiksi dan paradoks, saya lebih suka membiarkan semuanya berjalan menurut persepsi dan asumsinya masing-masing. Karena dalam hidup, hal yang benar-benar faktualpun saya pandang sebagai persepsi dan asumsi yang tidak memiliki kebenaran mutlak, meskipun untuk urusan kepercayaan saya memiliki standar yang berbeda.

Terkadang saya menggunakan dua standar kajian secara integral atau independen. Metode kajian saya sebagai manusia yang berakal dan rasional, serta metode kajian saya sebagai seorang muslim yang percaya dengan ajaran Islam. Untuk hal ini, mungkin akan menimbulkan kebingungan bagi sebagian pembaca dan memicu kontroversi serta kesalahfahaman dari banyak pembaca.

Bahasa ibu saya adalah Bahasa Banjar dialek Samarinda, namun untuk berkomunikasi, saya menganjurkan menggunakan Bahasa Indonesia, baik formal maupun non formal. Saya juga cukup fasih dan lancar berbahasa Arab fusha, lisan maupun tulisan, sedangkan untuk Bahasa Inggris, saya masih kesulitan dalam merangkai kata sesuai dengan grammar yang baku. Namun begitu, saya masih bisa memahami dan merangkai kata seadanya.

Blog ini akan saya bagi ke beberapa bagian:

Pertama, blog yang berisi artikel bebas yang mewakili pandangan saya dalam berbagai hal. Blog ini akan didominasi oleh isu seputar budaya(termasuk agama), politik, ekonomi dan lain-lain.

Kedua, blog yang berisi tentang ekonomi dan bisnis, khususnya bisnis forex, bisnis internet, tips, pandangan maupun strategi serta pengalaman saya di bidang ini.

Ketiga, blog yang berisi tulisan santai seputar perjalanan hidup dan pengalaman saya. Di banding dua blog lainnya, blog ini saya tulis dengan lebih santai. Maka dari itu, anda mungkin akan menemukan Bahasa Indonesia yang tidak baku di sebagian tulisan saya.

Sekian prakata dari saya, atas kunjungan, komentar serta masukan dari semua teman yang berminat dengan blog ini saya ucapkan terima kasih.